Cara Mengatasi Windows Gagal Booting - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Cara Mengatasi Windows Gagal Booting

Cara Mengatasi Windows Gagal Booting

Mungkin kita pernah mengalami windows gagal booting, yaitu pada saat kita menyalakan komputer, ternyata komputer tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Berbagai kegagalan yang biasa terjadi diantaranya adalah        :
1.   komputer tidak dapat menyala sama sekali
2.   komputer bisa menyala tapi tidak sampai ke proses selanjutnya, misalkan hanya sampai logo windows dan gak ada kelanjutannya
3.   setelah komputer masuk ke tampilan desktop, langsung restart dan terus berulang-ulang
selain dari pada kasus di atas, masih banyak lagi berbagai kegagalan dalam booting dari system operasi windows.
Apabila komputer kita mengalami  gagal booting, jangan panik dulu...
Sebaiknya kita melakukan kilas balik dengan tenang. Maksudnya coba kita ingat kembali apa yang telah kita lakukan pada komputer kita. Apakah telah mengutak-atiknya baik hardware atau software. Kalau kita yakin tidak ngapa-ngapain lanjut pada proses selanjutnya
Langkah ini adalah melakukan repair pada windows, dengan cara
1.   Nyalakan komputer dan masuk ke bios > ubah urutan boot menjadi first boot from CD > masukkan DVD windows7 ke tempatnya ( ya DVD room lah.... masak di masukkin karung )
2.   Setelah komputer booting dari DVD room pilih repair your komputer
3.   Proses selanjutnya, komputer akan bekerja


4.   Komputer akan menjalankan proses sejenak, untuk memindai sendiri terhadap sistem instalasi Windows, setelah itu di layar akan tampil beberapa pilihan instalasi yang ingin diperbaiki. Pilih salah satu menu penginstalan Windows yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan kemudian klik menu tersebut untuk melanjutkan proses.
Jika kebetulan masalah yang terdeteksi di salah satu bagian instalasi Windows, sistem akan mencoba untuk memperbaiki masalahnya secara otomatis. Terserah kepada kita, jika kita ingin membiarkan sistem mencoba untuk memperbaiki sendiri, biarkan saja. Tetapi sebaliknya, apabila kita ingin melakukan pilihan sendiri maka kita pilih No. Setelah kita memilih salah satu opsi recovery yang ada, maka kita akan dihadapkan dengan daftar pilihan yang dapat membantu kita dalam memperbaiki sistem Windows 7 yang rusak.
5.   Klik pilihan startup repair dan tunggu ketika proses berjalan sampai selesai.
6.   Setelah proses selesai, ubah kembali boot priority menjadi HDD pada setting bios
7.   Apa bila langkah diatas tidak bisa mengatasi masalah, maka ulangi proses, lalu pada langkah nomor 5 pilihlah System Restore, dan biarkan proses sampai selesai
8.   Apabila dua langkah tersebut masih belum mengatasi masalah ( waduh.... repot banget ya sob... ) lakukanlah jalan terkahir yaitu melakukan install ulang pada windows kita.

Sobat maya... rupanya sekian dulu artikel mengenai cara mengatasi windows gagal booting. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Terima kasih telah menyempatkan waktu berkunjung di blog ini.
Share this article :

1 komentar:

  1. cara melalui booting n masukin cd windows 7 tu menghapus data kita g gan?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar di sini, yang penting jangan saling mencaci, bila ada yang salah, berilah solusi biar kita bisa saling berbagi informasi.
komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus.
Komentar tidak di verifikasi, jadi mohon kerja sama nya ya sob.... untuk tidak nyepam disini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger