Fakta Unik Seputar Proklamasi Indonesia - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Fakta Unik Seputar Proklamasi Indonesia

Fakta Unik Seputar Proklamasi Indonesia

hal unik seputar proklamasi
Sobat maya, sebentar lagi akan ada sebuah perayaan besar yaitu HUT RI yang ke 67 yaitu tanggal 17 agustus 2012. Setelah bangsa Indonesia berjuang mati-matian akhirnya kita berhasil memperoleh kemerdekaan, dan terbebas dari tangan-tangan penjajah. Meskipun udah banyak banget yang memuat artikel ini, tapi sepertinya ane tertari juga untuk memuat ulang dan sedikit perubahan dari artikel aslinya.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan sebuah acara yang sangat sacral dan sudah di nantikan sejak lama, tapi ada beberapa hal unik terjadi pada saat persiapan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan RI. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja hal unik seputar proklamasi silahkan di simak keterangan di bawah ini.

Bung Karno masih tidur satu jam sebelum pelaksanaan

Pada 17 Agustus 1945 Bung Karno dalam keadaan sakit dan sangat lelah setelah begadang semalaman menyusun naskah proklamasi di rumah laksamana Maeda. Dua jam sebelum pelaksanaan Bung Karno masih terbaring di kamarnya karena terkena gejala malaria tertiana. Beliau di bangunkan pada pukul 08.00 oleh dr Soeharto dan di beri obat, selanjutnya Bung Karno tidur lagi sampai pukul 09.00 dan selanjutnya tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya; masih meriang.

Upacara Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana

Upacara yang telah di nantikan selama ratusan tahun itu dilangsungkan dengan sangat sederhana dan di hadiri oleh beberapa orang saja, berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam. Tiang bendera hanya di buat dari batang bamboo kasar yang di tanam di tanah satu jam sebelum pelaksanaan

Bendera dari Seprai

Bendera Pusaka Sang Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Tetapi dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!


Setting Revolusi di Indonesia Diangkat Ke Film

Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, ‘Tahun Vivere Perilocoso’ (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film – dalam bahasa Inggris; ‘The Year of Living Dangerously’. Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan Australia yg ditugaskan di Indonesia pada 1960-an, pada detik-detik menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!.

Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah! Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari

Nah sobat maya itulah beberapa fakta unik seputar proklamasi kemerdekaan RI yang akan diperingati beberapa hari lagi oleh seluruh rakyat Indonesia.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat dan tetap semangat.
Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca artikel mengenai fakta unik seputar proklamasi kemerdekaan RI
Share this article :

3 komentar:

  1. dapet ilmu baru niihh,,makasih bnyak gan..

    BalasHapus
  2. keren banget niihh ilmunya,,makasih bnyak gan..

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar di sini, yang penting jangan saling mencaci, bila ada yang salah, berilah solusi biar kita bisa saling berbagi informasi.
komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus.
Komentar tidak di verifikasi, jadi mohon kerja sama nya ya sob.... untuk tidak nyepam disini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger