Keyakinan Dalam Diri Manusia - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Keyakinan Dalam Diri Manusia

Keyakinan Dalam Diri Manusia


tingkatan keyakinan dalam diri
Sobat maya… meskipun bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan berakhir, pada kesempatan ini ane akan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi sobat yang sedang melakukannya.
Pada kesempatan ini ane akan membahas mengenai masalah keyakinan yang terdapat dalam diri manusia. Keyakinan menurut pendapat ane adalah ketetapan hati tentang benar atau salahnya sesuatu hal, dan perasaan itu telah berhasil menyingkirkan keraguan yang mungkin saja timbul dalam hati kita ( maaf bukan ahli bahasa )
Keyakinan itu sendiri ada tiga tahapan. Semua hal tersebut tetap berasal dari ketetapan hati, karena disitulah letaknya keyakinan.
Nah sobat mengenai tahapan masalah keyakinan silahkan anda simak di bawah ini
1.   Ilmul yaqin
Suatu keyakinan yang berasal dari sebuah teori keilmuan. Kita bias menjadi yakin tentang sesuatu hal dalam teori jika sudah dilakukan penelitian dan terbukti kebenaran tentang teori tersebut. Dalam hal ini keyakinan yang bersifat ilmul yakin, mungkin saja masih terdapat keraguan dari hati kita. Karena mungkin saja kita atau orang lain ada keinginan untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Dan mungkin saja kebenaran teori sebelumnya akan terpatahkan oleh hasil riset lanjutan. Jadi keyakinan yang bersifat Ilmul Yaqin masih bisa bergeser dan berubah menjadi keraguan, jika kita mengetahui ada yang melakukan penelitian hal yang sama di lain tempat dan lain waktu.
2.   Ainul Yaqin
Suatu keyakinan tentang sesuatu hal yang timbul meskipun tanpa adanya pembuktian melalui riset atau penelitian. Misalnya kita menyakini tentang tata cara ibadah yang kita lakukan. Kita merasa yakin kalau tata cara ibadah kita itu benar meskipun tanpa melalui proses riset. Tapi hal ini bisa saja kita bergeser dari keyakinan yang semula kita rasakan ketika mendapat tambahan ilmu dari sumber lain. Dan kita menganggap ilmu yang baru kita dapatkan lah yang lebih baik dan lebih sempurna ( masih dalam satu aqidah ). Buktinya banyak orang yang semula menentang cara yang di lakukan orang lain, tapi pada akhirnya mereka malah beralih meyakini cara tersebut. Jika kita mengalami hal tersebut berarti keyakinan kita masih berada pada kisaran Ainul Yaqin
3.   Haqul Yaqin
Suatu keyakinan tentang sesuatu hal yang sifatnya paling atas. Kita tetap akan meyakini hal tersebut walaupun tanpa adanya riset ataupun penelitian. Keyakinan ini timbul karena adanya hidayah dari Alloh SWT, tidak akan pernah bergeser dan tidak akan pernah ada penelitian. Misalnya kita meyakini tentang keberadaan Alloh SWT dan Rukun Iman yang lain. Kita tidak meragukan hal tersebut dan tidak ada yang melakukan penelitian secara ilmiah tentang itu. Manusia yang telah memiliki keyakinan yang bersifat haqul yaqin akan berubah menjadi faqir, dan ketergantungan kepada Alloh SWT. Setelah memiliki perasaan yang bersifat haqul yaqin, maka hati nya tidak akan bergeser sedikitpun dari keyakinannya meskipun berbagai halangan dan rintangan berdatangan silih berganti.

Nah sobat maya itulah tingkat keyakinan yang ada dalam diri manusia. Ane rasa kita semua pernah mengalami hal tersebut, dari mulai ilmul yaqin, ainul yaqin, sampai haqul yaqin.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan bisa menjadikan diri kita lebih baik. Dalam hal ini ane bukan bermaksud menggurui tapi hanya sekedar berbagi. Mohon maaf bila ada kesalahan baik dari arti kata maupun penyampaian. Bila ada yang mau melakukan koreksi, silahkan saja dan akan ane terima dengan senang hati demi kebaikan kita bersama.
Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca artikel mengenai keyakinan dalam diri manusia.
Share this article :

10 komentar:

  1. Taqobalallahu minna wan minkum, selamat hari ied :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf lahir batih sob
      makasih dah berkunjung

      Hapus
    2. Selamat datang di toko online kami,semoga kehadiran kami bisa membantu menyelesaikan masalah rumah tangga anda
      Info pemesanan

      call : 082133991881
      BBm : 323fac0b

      AGEN VIMAX CANADA | OBAT KUAT SEX | PEMBESAR PENIS | OBAT PERANGSANG | ALAT - ALAT SEX | PEMBESAR PAYUDARA | PENINGGI BADAN
      Kami menyediakan :
      Obat Vitalitas Antara Lain : - Obat kuat pria - Obat kuat herbal - Pembesar penis - alat bantu sex toys - Pembesar payudara - Obat perangsang Produk kosmetik Seperti : - Peninggi Badan - Pelangsing Badan - Penggemu Badan dll.

      KUNJUNGI WEBSAIT KAMI : http://obatkuatranjang.com/

      Hapus
  2. pgen banget sy bisa haqul yaqin...

    BalasHapus
  3. yakin memang harus banget, termasuk meyakini keajaiban bersedekah seperti yang saya jalani sekarang, balasannya memang hebat banget!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar di sini, yang penting jangan saling mencaci, bila ada yang salah, berilah solusi biar kita bisa saling berbagi informasi.
komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus.
Komentar tidak di verifikasi, jadi mohon kerja sama nya ya sob.... untuk tidak nyepam disini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger