Fakir Merupakan Gerbang Keberkahan - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Fakir Merupakan Gerbang Keberkahan

Fakir Merupakan Gerbang Keberkahan

fakir merupakan gerbang keberkahan
Orang fakir adalah orang yang tidak memiliki apapun dalam hidupnya, tidak memiliki penghasilan untuk mencukupi kebutuhannya. Lain halnya dengan miskin, orang tersebut dkatakan miskin, jika dia memiliki penghasilan ( kekayaan ) tapi idak dapat mencukupi kebutuhannya. Bahkan sebagian keterangan mengatakan sekalipun orang tersebut memiliki penghasilan dan mobil serta pesawat seekalipun, tapi kalau semuanya idak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya, bisa dikategorikan orang miskin.

Tapi kita harus ingat, fakir itu telah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau sangat senang berada di lingkungan orang-orang fakir miskin. Kalaupun beliau mau tentu akan dengan mudah mendapatkan kekayaan yang berlimpah.

Pengertian fakir dalam ilmu hakikat, tentu saja sama dengan syariat. Kita harus yakin kalau menjadi seorang yang fakir adalah kunci dari keberkahan dalam hidup. Kalau kita ingin hidup ini penuh berkah, maka kita harus fakir.

Loh kok harus fakir ?
berarti semu harta yang kita miliki selama ini harus hilang donk ...?
kan orang fakir tidak punya apa-apa, wah ini gak bener nih.....

sobat maya... secara sepintas perkataan ane ini gak masuk akal. Tapi yang namanya keimanan itu harus yakin atas ketetapan Alloh baik yang masuk akal maupun yang gak masuk akal. Karena yang namanya ilmu Alloh itu gak semuanya dapat dicerna dengan pemahaman sepintas.

Yang harus kita ingat, raga kita ini milik siapa ?
Nyawa kita ini milik siapa ?
Harta kita ini milik siapa
Pada hakikatnya semuanya yang ada pada diri kita itu bukan milik kita sobat... apakah kita merasa memiliki semua itu, sesungguhnya kita ini hanyalah kaum-kaum fakir di hadapan Alloh SWT.

Nah itulah hakikatnya fakir menurut ilmu tasawuf. Dengan kita mengakui semua yang ada pada diri kita itu milik kita sendiri, hal tersebut sudah membuktikan kalau kita sudah sombong di hadapan Alloh. Kalau kita sudah bisa sombong di hadapan Alloh, apalagi dihadapan sesama manusia.
Padahal sombong itu adalah merupakan hal yang sangat tidak disukai Alloh, dan sudah barang tentu kehidupan kita akan jauh dari ridho Alloh. Sedangkan untuk mendapat keberkahan dalam hidup, kita harus mendapat ridho Alloh SWT.

Sobat maya... pengertian fakir adalah gerbang keberkahan disini adalah, bukan berarti kita tidak boleh kaya, bukan berarti kita tidak usah berusaha, tapi yang harus kita lakukan adalah menyerahkan semuanya kepada Alloh. Karena segala sesuatu yang ada pada diri kita itu milik-Nya. Kita jangan menganggap dapat meraih semua itu hanya dengan kekuatan tangan kita.

Nah itulah sekilas tentang fakir menurut para ulama tasawuf. Seandainya kita mampu melakukan hal tersebut dengan sepenuh hati niscaya kita akan mendapat keberkahan dalam hidup dan senantiasa mendapat ridho Alloh SWT

Sobat maya, artikel ini dibuat bukan bermaksud untuk menggurui tapi hanya sekedar berbagi dan saling mengingatkan. Jika ada sesuatu yang salah baik dari pengertian maupun penyampaian, ane mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada yang mau memberikan koreksi silahkan saja akan ane terima dengan tangan terbuka.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan semoga hidup kita bisa lebih baik dari hari kemarin, dan hidup kita dimasa yang akan datang akan lebih baik dari sekarang.
Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca artikel mengenai fakir merupakan gerbang keberkahan.
Share this article :

10 komentar:

  1. suatu pembelajaran yang sangat berharga,,, jika rasa fakir ini melekat pada manusia maka kesombongan akan sirna dalam diri kita ,,,

    thanks telah mengingatkan.

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. hatur nuhun kang, asa bungah ka sumpingan blogger senior teh.
      Sombong emang penyakit hati yang sulit di hilangkan, kecuali kita sudah bisa menjadi orang fakir

      Hapus
  2. mamah ...
    Aku pengen kawin X3

    BalasHapus
    Balasan
    1. he... ya sono aja kawin
      kata rhoma irama juga gak baik hidup membujang

      Hapus
  3. "blog agan sudah saya follow, jika berkenan mohon followback ya!"
    :)
    http://sharingcommunitysc.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap menuju ke TKP gan
      thanks dah mampir

      Hapus
  4. kubaca kata perkatanya, semakin serius dan serius.
    diakhir kalimat, senyumku langsung mengembang.
    semoga kita semua mendapat keberkahan, amien.

    kunjungan perdana sob, ditunggu kunjungan baliknya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien ya robbal alamin
      makasih sob dah berkunjung

      Hapus

Silahkan berkomentar di sini, yang penting jangan saling mencaci, bila ada yang salah, berilah solusi biar kita bisa saling berbagi informasi.
komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus.
Komentar tidak di verifikasi, jadi mohon kerja sama nya ya sob.... untuk tidak nyepam disini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger