Taubat Dan Pengampunan Alloh - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Taubat Dan Pengampunan Alloh

Taubat Dan Pengampunan Alloh

taubat dan pengampunan Alloh
Manusia pasti pernah melakukan kesalahan, karena manusia tempat salah dan lupa. Mengenai kesalahan yang terjadi pada diri manusia, dapat terjadi dalam dua kemungkinan, yaitu kesalahan yang di sengaja dan kesalahan yang tidak di sengaja. Tapi sobat, baik iu disengaja atau tidak yang namanya kesalahan tetap saja salah.

Hal yang dapat menghapus kesalahan manusia adalah bertaubat dan memohon ampunan Alloh. Dalam hal taubat, pengertian secara ringkas adalah berhenti berbuat dosa. Dengan bertaubat dosa manusia sebesar apapun akan hilang, karena mendapat ampunan dari Alloh.

Taubat adalah sebuah kata yang sangat mudah untuk diucapkan tapi sangat sulit untuk dilakuan oleh sebagian orang. Kenapa sebagian orang ?
Karena bagi orang yang sungguh-sungguh dalam bertaubat tentu akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukannya. Akhirnya jika suda terbiasa dengan kehidupan yang baru maka akan terasa ringan, karena taubatnya sudah mendapat ridho Alloh.

Apakah ada taubat yang tidak di ridhoi Alloh ?
Taubat adalah hal yang di perintahan Alloh, dan sudah pasti Alloh meridhoi orang yang taubat. Tapi yang jadi permasalahannya apakah manusia bertaubat secara total ( berhenti berbuat dosa ) atau malah kembali kepada kehidupan yang semula ( berbuat dosa ), karena tergoda oleh musuh paling utama dalam diri manusia yaitu nafsu.

Hal yang dapat membentengi manusia agar tidak tergoda oleh nafsu, dan akhirnya mendapat pengampunan dari Alloh adalah dengan melakukan dzikrulloh. Kita harus tahu bahwa dosa yang paling sering dilakukn oleh manusia adalah lupa kepada Alloh. karena manusia diperintahkan menyebut nama Alloh dari pagi sampai petang dan sampai pagi lagi. Jika hal itu sudah dapat di lakukan maka akan dapat melumpuhkan musuh terbesar dalam diri manusia yaitu nafsu, dan juga dapat membersihkan diri dari sifat-sifat tercela yang ada dalam diri manusia.
Mengenai sifat yang tercela dalam diri manusia adalah
§  sifat binatang jinak yang tercela seperti makan, minum dan tidur berlebihan, serta menggunakan waktu tanpa manfaat
§  sifat binatang buas seperti marah, mencaci, memukul, memaksa
§  sifat syaitoniyah seperti sombong, ujub, hasad, dengki, dendam dan yang lainnya.
Apabila manusia sudah bersih dari hal-hal tersebut berarti dia sudah bersih dari sumber dosa. Apabila manusia sudah bersih dari sumber dosa maka tentu saja dia sudah melakukan taubat yang sesungguhnya, dan mendapat ridho Alloh.
Manusia tidak berdaya upaya untuk melakukan apapun termasuk taubat. Karena dengan kuasa-Nya lah kita mampu melakukan semua hal. Tapi kita jangan hanya berdiam diri dan menunggu Alloh menggerakkan hati kita untuk bertaubat, melainkan kita harus tetap berusaha.

Menurut ulama ahli tasawuf, tanda seseorang telah diampuni oleh Alloh adalah manusia yang sudah tidak mampu lagi berbuat dosa. Hal ini disebabkan karena Alloh sudah meridhoi segala langkahnya, dan tidak akan membiarkan dia terjerumus kedalam lembah dosa.

Sobat maya itulah sekilas tentang taubat dan pengampunan Alloh. Semoga kita bisa menjadi orang yang bisa bertaubat secara hakikat danmendapat ampunan dari Alloh, serta mendapat ridho-Nya dalam hidup kita.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat. Ane mohon maaf bila ada perkataan yang salah baik dalam pengertian maupun penyampaian. Dalam hal ini ane menegaskan, artikel ini bukan bermaksud untuk menggurui, tapi hanya sekedar bahan evaluasi agar kita bisa sama-sama menjadi manusia yang lebih baik.
 
Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca artikel mengenai taubat dan pengampunan Alloh
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger