Ilmu Pokok Dalam Ajaran Islam - SOBAT DUNIA MAYA
Headlines News :
Home » » Ilmu Pokok Dalam Ajaran Islam

Ilmu Pokok Dalam Ajaran Islam

ilmu pokok dalam ajaran islam
Tuhan kita yang tidak lain dan tidak bukan adalah Alloh SWT, telah menciptakan satu hal yang bernama ilmu. Pada dasarnya ilmu diciptakan adalah untuk mengatasi sebuah kesulitan. Masalah apapun akan terasa mudah di pecahkan kalau kita menguasai ilmu nya. Misalnya kita tidak akan tahu luas dari suatu wilayah kalau kita tidak menguasai ilmu ukur, atau yang lainnya.
Begitupun dalam ajaran agama, penting sekali kita mengenal atau bahkan menguasai berbagai ilmu. Dari sekian banyak ilmu yang ada, yang menjadi dasar pokoknya ada tiga hal keilmuan.

1.   Ilmu Tauhid
Dengan kita mempelajari ilmu tauhid, diharapkan kita dapat membimbing hati untuk tidak menyekutukan Alloh. Proses pemahaman ilmu tauhid tidak dapat di lewatkan, karena itu menjadi pokok dalam ibadah. Meskipun kita tekun beribadah, tapi tidak dibarengi ilmu tauhid ( ketuhanan ) bisa kita tebak, ibadah kita untuk siapa ?
Ilmu tauhid letaknya di hati, dan itulah yang disebut keimanan.

2.   Ilmu Fiqih
Ilmu fiqih dipelajari bertujuan untuk memperebaiki syariat kita dalam ibadah. Dengan kita mempelajari ilmu fiqih, kita bisa tahu cara ibadah yang baik dan benar, kita bisa tahu tata cara bersuci yang baik dan benar, dan juga hal-hal lain yang berurusan dengan syariat

3.   Ilmu Tasawuf
Ilmu ini bergerak dalam bidang rasa. Tujuan mempelajari ilmu tasawuf adalah agar manusia bisa membersihkan hati dari segala sesuatau selain Alloh. Dengan ini kita bisa merasakan keberadaan Alloh sebagai Holiq dan kita sebagai mahkluk. Tujuan utamanya agar manusia dapat memiliki ahklak mulia sebagai mana yang di anjurkan dalam Al-Quran.

Sobat maya, dari ketiga hal pokok di atas, manakah yang lebih penting ? jawabannya sudah pasti semuanya panting dan harus di pelajari. Karena tiga unsur keilmuan tersebut adalah satu kesatuan yang disebut dengan Islam. Ketiga hal tersebut menjadi faktor yang saling menopang antara yang satu dengan yang lainnya, atau lebih umumnya disebut ilmu lahir dan ilmu batin, atau ilmu syariat dan ilmu hakikat.
Semuanya harus kita lakukan, karena jika kita hanya menjalankan syariat tanpa mengenal hakikat, maka kita akan tersesat dan tidak tahu kemana tujuan dari kita melakukan ibadah. Yang sering dialami oleh sebagian manusia adalah beribadah hanya karena menunaikan kewajiban, tanpa di dasari kebutuhan untuk mendpatkan ridho Alloh.
 Begitu juga kalau kita hanya menjalankan ilmu hakikat tanpa mempelajari syariat, maka ibadah kita akan semerawut, dan tidak beraturan. Bahkan kita bisa malas karena berpendapat seegala sesuatunya berasal dari Alloh. Yang penting kita sudah mengingat Alloh dari pagi sampai pagi lagi, lalu untuk apa melakukan sholat ? nah itu adalah pemahaman sang sangat keliru.

Sobat maya itulah sekelumit tentang tiga faktor keilmuan dalam ajaran Islam. Apabila ada yang mau melakukan koreksi silahkan saja. Ane akan terima daengan tangan terbuka.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat. Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca artikel mengenai ilmu pokok dalam ajaran islam
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SOBAT DUNIA MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger